Kurikulum Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Profil Lulusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK)
Universitas Dehasen Bengkulu

Lulusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer FKIP Unived dapat menjadi tenaga pendidik serta berjiwa wirausaha. Selain itu, lulusan bidang Teknologi Informatika dan Komputer juga memiliki peluang kerja sebagai :

(a) Guru PTIK (Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer)
(b) Wirausaha
(c) Tata usaha atau administrasi sekolah,
(d) Programmer di lembaga-lembaga pendidikan.
(e) Pengelola sumber belajar, dan
(f) Teknisi dan pengelola jaringan komputer di sekolah atau lembaga pendidikan lainnya.

Kompetensi tersebut bisa dijabarkan secara rinci dalam berbagai pekerjaan profesional, yang terbagi dalam kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya.

1. Kompetensi Utama.
1.1. Sebagai tenaga profesional dalam bidang pendidikan teknologi informasi sesuai dengan tingkat satuan pendidikan
1) Tingkat pendidikan usia dini, penggunaan teknologi informasi sebagai: (a) media pembelajaran, (b) bermain, dan        (c) kemampuan untuk memperkenalkan teknologi informasi sesuai usia anak.
2) Tingkat sekolah dasar, tenaga pendidik atau guru harus mampu memperkenalkan:
(a) penggunaan komputer,
(b) browsing internet, dan
(c) bahasa pemrograman.
3) Pada tingkat SMP, guru harus mampu mengembangkan media pembelajaran, serta menguasai internet sebagai    sarana pertukaran informasi dan keperluan lainnya.
4) Pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajad, serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selain SMK Teknologi Informasi (Tl), tenaga pendidik atau guru harus mampu mengajar sesuai tuntutan kurikulum, yang bersangkutan juga harus memiliki penguasaan terhadap pengembangan dan pemanfaatan internet sebagai sarana belajar
5) Pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi (SMK Tl) dan atau SMK yang menyelenggarakan opsi Teknik Informatika sebagai pelajaran Komputer, guru memiliki kompetensi yang sesuai dengan program yang ditawarkan. Diantaranya, perancangan Web (Web design), programmer, operator, dan sebagainya.

2. Kompetensi Pendukung
2.1. Sebagai tenaga profesional dalam pengembangan keilmuan di bidang ilmu komputer dan teknologi informasi
1) Menjadi peneliti bidang ilmu komputer dan teknologi informasi di berbagai lembaga penelitian.
2) Menjadi tenaga kependidikan (staff) bidang ilmu komputer dan teknologi informasi pada PTN dan PTS.
3) Menjadi tenaga laboran komputer.
2.2. Sebagai tenaga profesional dalam pelatihan teknologi informasi
1) Menjadi pengelola lembaga pelatihan teknologi informasi.
2) Menjadi instruktur dalam pelatihan teknologi informasi.

Visi
Menjadi Prodi yang unggul dibidang Pendidikan Teknik Informatik dan Komputer berbasis kewirausahaan di tingkat nasional tahun 2034

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang teknik informatika untuk calon pendidik dan tenaga kependidikan berbasis nilai kewirausahaan
2. Melaksanakan penelitian yang mendukung pengembangan pendidikan kejuruan, teknologi, dan produk-produk berbasis informatika serta melakukan publikasi hasil penelitian.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian yang dikembangkan di program studi.
4. Mengembangkan berbagai sumber daya dan kerjasama untuk mendukung pencapaian visi dan misi program studi.

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas yaitu terampil dalam bidang Pendidikan Teknik Infromatika dan Komputer, memiliki inovasi dan berkualitas serta berjiwa wirausaha khususnya di bidang komputer serta memahami kode etik profesi.
2. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Teknik Infromatika dan Komputer yang berkualitas, professional dan berdedikasi tinggi serta peka terhadap masalah-masalah pendidikan.
3. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Teknik Infromatika dan Komputer yang menguasai ilmu dan teknologi, dalam bidang pendidikan teknologi dan kejuruan
4. Menghasilkan Sarjana Penidikan Teknik Informatika yang cakap serta mampu bersaing dalam komunitas global.

Sasaran
1. Lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer yang profesional dan berjiwa kewirausahaan.
2. Pengembangan dan penerapan IPTEKS bidang Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer yang berkelanjutan.
3. Masyarakat yang mandiri dan sejahtera berbasis teknologi dan wirausaha
4. Jejaring kerja dengan berbagai pihak di bidang komputer terpadu.

download kurikulum di sini:Profil Lulusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 2