Bengkulu, FKIP – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (UNRAM) menggelar acara pembukaan Asosiasi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (APG-PAUD) Indonesia dan Seminar Nasional Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD). Acara ini berlangsung meriah dengan dihadiri oleh berbagai akademisi, praktisi, serta peserta dari berbagai daerah di Indonesia. (13/07/2024)
Acara dibuka secara resmi oleh Rektor UNRAM, yang dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pendidikan anak usia dini sebagai fondasi bagi pendidikan selanjutnya. “Pendidikan anak usia dini merupakan tahap yang sangat krusial dalam pembentukan karakter dan kemampuan anak. Melalui APG-PAUD dan seminar ini, kami berharap dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran baru yang inovatif untuk kemajuan pendidikan anak usia dini di Indonesia,” ujar Rektor UNRAM.
Salah satu dosen yang turut berpartisipasi aktif dalam acara ini adalah Ka.Prodi PG-PAUD FKIP Unived, Dr. Lydia Margaretha, S.Pd.I, M.Pd.I. Sebagai Ketua Program Studi sekaligus peserta seminar, Dr. Lydia menyampaikan presentasi mengenai strategi inovatif dalam pengembangan kurikulum PAUD yang adaptif terhadap perkembangan zaman.
“Seminar ini menjadi wadah penting bagi kami untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai berbagai metode dan pendekatan dalam pendidikan anak usia dini. Kami berharap dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan PAUD di Indonesia melalui kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak,” kata Dr. Lydia dalam salah satu sesi presentasinya.
Seminar Nasional PG-PAUD ini juga menghadirkan berbagai narasumber terkemuka di bidang pendidikan anak usia dini, yang membahas berbagai topik mulai dari metode pengajaran kreatif, teknologi dalam pendidikan PAUD, hingga pentingnya keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak.
Selain seminar, acara ini juga diramaikan dengan berbagai workshop dan pameran hasil karya anak-anak PAUD dari berbagai daerah. Para peserta sangat antusias mengikuti rangkaian acara yang berlangsung selama dua hari ini.
Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan inovasi dalam pendidikan anak usia dini di Indonesia, serta memperkuat jaringan kerjasama antar lembaga pendidikan dan para praktisi di bidang PAUD.