Bengkulu, FKIP- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Dehasen Bengkulu mengadakan rapat evaluasi Program Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dan Program Pengalaman Lapangan II (PPL II) pada hari Selasa, 14 Mei 2024. Rapat ini berlangsung di secretariat FKIP UNIVED, dihadiri oleh Dekan FKIP Dra. Asnawati, S.Kom.,M.Kom Ketua Panitia PPL Bapak Fadlul Amdhi Yul, M.Pd.T, Ketua Program Studi serta staf selingkung FKIP.
Acara dibuka dan dipimpin langsung oleh ketua panitia bapak Fadlul Amdhi Yul, M.Pd.T dalam rapat ini beliau sekaligus menyampaikan laporan hasil pelaksanaan PLS dan PPL II selama periode terakhir. Laporan tersebut mencakup berbagai aspek mulai dari keterlibatan mahasiswa, dukungan sekolah mitra hingga feedbac dari guru pamong dan dosen pembimbing.
Selanjutnya, kegiatan ini mendapatkan arahan dan masukan dari Dekan FKIP Dra. Asnawati, S.Kom., M.Kom yang menekankan pentingya evaluasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengalaman mahasiswa di lapangan. “Program PLS dan PPL II adalah bagian penting dari kurikulum kami untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pendidik professional. Evaluasi ini adalah langkah strategis untuk memastikan bahwa tujuan pendidikan kita tercapai dengan baik”, ujar beliau.
Temuan evaluasi :
- Keterlibatan dan Motivasi Mahasiswa: Program PLS menunjukkan bahwa siswa baru merasa terbantu dengan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah, namun diperlukan metode yang lebih interaktif untuk meningkatkan keterlibatan mereka. Untuk PPL II, mahasiswa mampu mengaplikasikan teori yang telah dipelajari, namun masih ada kebutuhan untuk bimbingan lebih lanjut dalam situasi kelas yang kompleks.
- Sarana dan Prasarana: Beberapa kendala terkait fasilitas di sekolah mitra dan kampus juga teridentifikasi. Diharapkan adanya fasilitas yang memadai yang dapat mendukung kegiatan PLS dan PPL II dengan lebih baik.
- Pendampingan dan Pengawasan (Monitoring): Sistem pendampingan oleh dosen dan guru perlu diperkuat untuk memastikan mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar yang optimal dan terarah.
Berbagai masukan dan saran disampaian oleh kepala Program Studi dan staf yang hadir. Rapat ditutup dengan pernyataan komitmen dari seluruh peserta untuk terus bekerja sama dalam meningkatkan kualitas PLS dan PPL II. Dra. Asnawati, S.Kom., M.Kom Menegaskan, “ dengan evaluasi ini, kita berharap dapat menyempurnakan program PLS dan PPL II, sehingga mahasiswa siap menjadi pendidik yang kompeten dan profesional