Pengabdian Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Desa Tanah Tinggi Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dehasen mengadakan Pengabdian Masyarakat di Desa Tanah Tinggi Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. jumat, sabtu dan minggu (15,16 &17/01)

Peserta kemah bakti sosial mendapatkan pengarahan sebelum melangsungkan kegiatan (Landa Satya)
Foto/Dok. Peserta kemah bakti sosial mendapatkan pengarahan sebelum kegiatan dimulai (Landa Satya)

Pengabdian kepada masyarakat merupakan  salah satu dharma atau tugas pokok dari suatu perguruan tinggi, termasuk Universitas Dehasen, disamping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian.  Pelaksanaan dharma pengabdian kepada masyarakat yang dalam realisasinya juga melibatkan dua dharma lainnya,  diharapkan akan selalu ada keterkaitan  bahkan kemanunggalan antara Perguruan Tinggi, dalam hal ini Universitas Dehasen khususnyan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan  masyarakat, sesuai dengan tujuan pendidikan tinggi itu sendiri sebagaimana yang disebutkan dalam PP 60/ 99 (BAB II psl. 2)  yang  berbunyi :

a). Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang mempunyai kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian. b). Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional

Foto/Dok. senam bersama lingkungan sekolah SD 19 Desa Tanah Tinggi (Landa Satya)
Foto/Dok. senam bersama lingkungan sekolah SD 19 Desa Tanah Tinggi (Landa Satya)

Karena pengabdian kepada masyarakat  merupakan salah satu tugas pokok  Perguruan Tinggi, maka pelaksanannya harus didukung  oleh seluruh sivitas akademika  PT tersebut dan  dilandasi  pemahaman yang benar  tentang pengabdian kepada masyarakat sesuai  dengan PP 60/99 (BAB III psl 3 ayat 4)  yang menyatakan bahwa :

Pengabdian masyarakat  merupakan kegiatan yang memanfaatkan  ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan sumbangan demi kemajuan masyarakat.

Harus disadari bahwa masyarakat, khususnya di daerah Bengkulu Utara dan sekitarnya  pada saat ini  telah mengenal bahwa  Universitas Dehasen khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  sebagai perguruan tinggi  gudangnya ilmu pengetahuan, terutama pendidikan.  Karena itu Universitas Dehasen sebenarnya dituntut untuk selalu mengupayakan secara maksimal  agar  dapat menerapkan  ilmu pengetahuan tersebut secara praktis dan mampu memecahkan persoalan-persoalan yang tengah dihadapi oleh masyarakat dalam kehidupan nyata mereka sehari-hari.

Adapun kegiatan kemah bakti sosial di desa Tanah Tinggi kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara sebagai berikut:

A. Sekolah SD Negeri 19 desa Tanah Tinggi kecamatan Padang Jaya

1. Pembukaan

  • Kata sambutan Kepala Sekolah SD Negeri 19 desa Tanah Tinggi kecamatan Padang Jaya
  • Kata sambutan dari Dekan diwakili oleh Ka. Podi Penjakesrek FKIP UNIVED

2. Senam Bersama Sekolah SD Negeri 19 desa Tanah Tinggi kecamatan Padang Jaya.

3. Gotong Royong kebersihan sekolah

4. Penyerahan Cindra Mata dengan Kepala Sekolah SD Negeri 19 desa Tanah Tinggi kecamatan Padang Jaya

B. Warga  Desa Tanah Tinggi kecamatan Padang Jaya

1. Silaturahmi dengan warga  di masjid desa Tanah Tinggi kecamatan Padang Jaya

2.Gotong royong bersama warga di Balai Desa dan Posyandu desa Tanah Tinggi kecamatan Padang Jaya

Foto/Dok.Silaturrahmi bersama warga Desa Tanah Tinggi (Landa Satya)
Foto/Dok.Silaturrahmi bersama warga Desa Tanah Tinggi (Landa Satya)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by themekiller.com