Kegiatan Magang II Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tahun Ajaran 2015-2016 Di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Palembang

Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi mengadakan Magang II Tahun Ajaran 2015-2016. Magang II ini  dilaksanakan di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Palembang . Jumat, (26/02).

IMG_1330
PJKR. Penerimaan Secara Resmi Mahasiswa Penjaskesrek Universitas Dehasen Bengkulu oleh Kepala Diknas Provinsi Sumatera Selatan.

Guru merupakan jabatan profesional yang memberikan layanan ahli dan menuntut persyaratan kemampuan yang secara akademik dan pedagogik dapat diterima oleh pihak penerima jasa layanan secara langsung maupun tidak langsung. Oleh sebab itu, guru harus dipersiapkan melalui program pendidikan yang relatif panjang dan dirancang berdasarkan standar kompetensi guru. Guru profesional adalah guru yang dalam melaksanakan tugasnya mampu mnunjukan kemampuannya yang ditandai dengan penguasaan kompetensi akademik kependidikan dan kompetensi subtansi dan atau bidang studi sesuai bidang ilmunya. Calon guru harus disiapkan menjadi guru profesional melalui pendidikan profesi guru.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan , dan PP No. 74 Tahun 2008 tentang Guru, mewajibkan guru memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik. Pada pasal 4 Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 ditegaskan bahwa sertifikat pendidik bagi guru diperoleh melalui program pendidikan profesi yang diselengarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi.

Kegiatan Magang II ini dilaksanakan atas dasar kurikulum yang diterapkan, yaitu mata kuliah berjenjang yang wajib diambil oleh mahasiswa yang menempuh studi di Program Srudi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Universitas Dehasen Bengkulu. Tujuan umum mata kuliah Magang II adalah menghasilkan calon guru yang memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan khusus mata kuliah ini adalah mempersiapkan calon guru agar lebih mengenal lingkungan sekolah dan lingkungan profesinya dalam bentuk observasi sehingga nanti mampu melakukan kegiatan praktik mengajar dalam mata kuliah PPL.

Observasi Mahasiswa Penjaskesrek Universitas Dehasen Bengkulu Cabang Olahraga Dayung Di Jakabaring Sport City
Observasi Mahasiswa Penjaskesrek Universitas Dehasen Bengkulu
Cabang Olahraga Dayung Di Jakabaring Sport City

Kegiatan Magang II ini dilaksanakan pada hari Senin hingga Rabu, Tanggal Dua Puluh Dua hingga Dua Puluh Empat Februari Tahun Dua Ribu Enam Belas  bertempat di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya dan Pusat Olahraga Jakabaring Sport City (JSC) Palembang telah diselenggarakan kegiatan Magang II Tahun 2016 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dehasen Bengkulu, yang bersifat observasi ini telah dilaksanakan dengan agenda kegiatan sebagai berikut:

  1. Penerimaan Secara Resmi Oleh Diknas Provinsi Sumatera Selatan.

Sebelum ke Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) tim magang II dari Program Studi Penjaskesrek Universitas Dehasen Bengkulu di undang untuk menyampaikan maksud dan tujuan serta memberikan beberapa pemaparan mengenai program yang dilaksanakan.

Kegiatan magang II ini disambut baik oleh Diknas Kota dan Provinsi Sumatera Selatan, pada kesempatan ini kepala diknas menyampaikan beberapa harapannya tentang  kelancaran kegiatan yang akan dilakukan yaitu agar para mahasiswa dapat mengambil ilmu dan belajar tentang apa yang belum didapatkan di bangku kuliah.

  1. Penerimaan Secara Resmi Oleh Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya Palembang.

Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Palembang menyambut baik dengan menyampaikan antusias dan apresiasinya terhadap kegiatan Magang II yang dilakukan ini. Dalam sambutannya, kepala sekolah menyampaikan terimakasihnya terhadap pemilihan sekolah SONS yang telah dipilih untuk melaksanakan kegiatan magang II ini, beliau mengharapkan kegiatan yang serupa dapat dilaksanakan dimasa mendatang.

Dalam kesempatannya, ketua program studi penjaskesrek juga memohon izin untuk melaksanakan kegiatan ini serta mengucapkan terimakasih kepada kepala sekolah yang telah member izin dan memfasilitasi sehingga kegiatan magang II dapat berlangsung.

  1. Observasi Pembelajaran Di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya Palembang.

Pembelajaran di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) ini, masih menggunakan kurikulum KTSP tahun 2006. Kegiatan belajar mengajar di sekolah ini berlangsung seperti kegiatan belajar mengajar pada umumnya, hanya saja ada sedikit perbedaan pada pelaksanaannya dikarenakan kebijakan-kebijakan tertentu. Perbedaan-perbedaan itu antara lain :

  1. Kegiatan belajar mengajar dimulai pada pukul 08.30-12.50 WIB (pada sekolah umumnya dimulai pukul 07.00-13.20 WIB).
  2. Jumlah 1 (satu) jam pelajaran untuk SMP 35 menit (pada sekolah umumnya 40 menit) dan untuk SMA 40 menit (pada sekolah umumnya 45 menit).
  3. Peraturan yang digunakan di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Palembang ini juga sama dengan peraturan sekolah pada umumnya. Contohnya seperti : dihukum ketika telat dan tidak membuat tugas, diperingatkan ketika berambut panjang bahkan langsung dipotong (bagi laki-laki).
  4. Observasi Latihan Fisik Pagi Seluruh Cabang Olahraga Di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya Palembang.

Latihan fisik pagi yang diikuti oleh Atlet seluruh cabang olahraga yang ada di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Palembang. Latihan fisik ini meliputi seluruh latihan fisik umum yang dibutuhkan seluruh Altet, seperti : komponen kelincahan, komponen kekuatan, komponen kecepatan, komponen daya tahan, dll.

Latihan dilakukan di dua lapangan yang berbeda, hal ini dilakukan karena adanya kebutuhan atlet yang berbeda (sesuai dengan perkembangan dan kematangan atlet) serta untuk menjaga efektifitas latihan fisik yang dilakukan. Berbedaan kelompok latihan dibedakan berdasarkan umur/kondisi atlet, yaitu :

  1. Lapangan untuk kelompok Atlet dewasa (SMA).
  2. Lapangan untuk kelompok Atlet anak-anak (SMP).

yang dilakukan setiap hari dimulai pada pukul 05.30-07.00 WIB.

  1. Observasi Latihan Sore Pada Masing-Masing Cabang Olahraga Atlet SONS Yang Dipusatkan Di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Palembang.

Cabang-cabang olahraga yang dipusatkan latihan di lingkungan Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Palembang menurut cabang olahraga masing-masing yaitu antara lain:

  1. Cabang olahraga judo
  2. Cabang olahraga pencak silat
  3. Cabang olahraga tenis meja
  4. Cabang olahraga sepak takraw
  5. Cabang olahraga bola voli (indoor).

Observasi dilakukan dengan cara membagi mahasiswa kedalam beberapa kelompok yang kemudian di beri tugas untuk mengobservasi cabang olahraga tertentu (cabang olahraga yang telah disebutkan diatas). Dalam tugasnya, kelompok tersebut harus mencari berbagai informasi dari cabang olahraga tersebut, informasi yang harus diperoleh seperti : jumlah atlet, prestasi yang diraih,  event/kejuaraan yang diikuti, kesulitan yang dialami oleh pelatih dan atlet,  dll.

Observasi yang dilakukan pada cabang olahraga judo, pencak silat, tenis meja, sepak takraw dan bola voli indoor ini dilakukan sacara serentak di lingkungan Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Palembang, hal ini dikarenakan jadwal latihan yang bersamaan yaitu pada hari Selasa, 23 februari 2016 pukul 15.00-18.00 WIB.

  1. Observasi Latihan Sore Pada Masing-Masing Cabang Olahraga Atlet SONS Yang Dipusatkan Di Pusat Olahraga Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Cabang-cabang olahraga yang dipusatkan latihan di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang menurut cabang olahraga masing-masing yaitu antara lain:

  1. Cabang olahraga atletik
  2. Cabang olahraga senam
  3. Cabang olahraga renang
  4. Cabang olahraga gulat
  5. Cabang olahraga dayung
  6. Cabang olahraga bola voli pasir

Observasi dilakukan dengan cara yang sama yaitu dengan membagi mahasiswa kedalam beberapa kelompok yang kemudian di beri tugas untuk mengobservasi cabang olahraga tertentu (cabang olahraga yang telah disebutkan diatas). Dalam tugasnya, kelompok tersebut harus mencari berbagai informasi dari cabang olahraga tersebut, informasi yang harus diperoleh seperti : jumlah atlet, prestasi yang diraih,  event/kejuaraan yang diikuti, kesulitan yang dialami oleh pelatih dan atlet, dll. Observasi pada cabang olahraga atletik, senam, renang, gulat dan bola voli pasir dilakukan sacara serentak, hal ini dikarenakan jadwal latihan yang bersamaan yaitu pada hari Senin, 22 februari 2016 pukul 15.00-18.00 WIB.

Observasi berbeda hanya dilakukan pada cabang olahraga dayung, hal ini dikarenakan jadwal latihannya yang berbeda yaitu dipagi hari. Jadwal latihan yang berbeda memberi keuntungan tersendiri bagi observer yaitu tidak perlunya membeagi kedalam kelompok kecil dan semua observer dapat mengamati dan diskusi dalam satu cabang olahraga yang sama yaitu pada hari Selasa, 23 februari 2016 pukul 05.30-07.00 WIB.

  1. Pelepasan Dan Serah Terima Kenang-Kenangan Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Palembang.

Diakhir kegiatan magang II yang bersifat observasi ini, ketua program studi, dosen dan mahasiswa memohon izin dan berpamitan sekaligus mengucapkan terimakasih kepada pihak Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS). Kegiatan ini dilanjutkan dengan acara serah terima kenang-kenangan dan foto bersama dengan pihak kepala sekolah dan seluruh jajaran yang ada di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by themekiller.com